7 Fakta Tentang M. Reza Abdullah, Pemimpin di Belakang Layar Event Skala International

M. Reza Abdullah

Dalam dunia EO (Event Organizer) di Indonesia, nama Muhammad Reza Abdullah pastilah sudah banyak dikenal. Memimpin perusahaan bernama PT Royalindo Expoduta, dirinya menjadi sosok pemimpin di belakang layar beragam event skala internasional. Dari mulai event konferensi tingkat nasional hingga internasional, sampai ajang pesta olahraga pun pernah jadi hasil kerja kerasnya.

Bukan hanya soal bisnis event organizer saja nih, beberapa bisnis lain yang menguntungkan pun juga ikut digarap pria keturunan Minangkabau ini. Selain itu, hobi-hobi seru nan menarik pun juga digelutinya di sela-sela kesibukan bisninsnya.

Ingin tahu apa saja sih fakta tentang M.Reza Abdullah yang jadi pimpinan perusahaan EO kelas internasional ini? Berikut ini fakta serba-serbi kehidupannya!

1. Memulai Bisnis EO di Tahun 2005

Kiprah Reza dalam dunia event organizer dimulai ketika mendirikan perusahaan sendiri di tahun 2005. Tepatnya selepas lulus kuliah, pria kelahiran Santa Cruz, California, Amerika Serikat, 7 Juni 1982 ini mendirikan perusahaan EO bernama PT Team Asia Ciptama. Pendirian usaha ini bertujuan untuk melatih diri agar lebih mandiri dan mengenal seluk beluk usaha event organizer lebih mendalam.

PT Team Asia Ciptama ini juga ambil bagian dalam pergelaran event skala internasional. Beberapa event yang sukses dihelat antara lain seperti Pertemuan Menteri Tenaga Kerja Asia – Eropa, Pertemuan Menteri Pariwisata se-ASEAN, Trail of Civilization, UNWTO Meeting, Pertemuan Menteri Sosial Se-Asia Timur, Pertemuan Menteri Kelautan Se-Asia Pasifik, Asian Development Bank Annual Meeting, Pameran Produk Indonesia, dan Indonesia Travel and Tourism Fair.

2. Memimpin PT Royalindo Tahun 2009

Setelah memimpin perusahaannya sendiri, pria lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dengan gelar Master of Science (MSc) bidang Architecture and Tourism Planning ini akhirnya mengambil alih PT Royalindo Expoduta. Sekedar informasi, PT Royalindo Expoduta ini merupakan perusahaan keluarga yang didirikan oleh sang ayah, Iqbal Alan Abdullah, tahun 1989.

Pengambil alihan kepemimpinan Reza dikarenakan pilihan sang ayah untuk masuk dan fokus ke dunia politik. Berbekal pengalamannya dalam memimpin PT Team Asia Ciptama sebelumnya, Reza berhasil membawa PT Royalindo Expoduta jadi salah satu perusahaan yang disegani sebagai salah satu pemain utama dalam industri event organizer di Tanah Air.

3. Sukses Menggelar Acara Pembukaan dan Penutupan PON Papua 2021

Beragam event skala nasional hingga internasional sudah secara sukses berhasil dihelat oleh Reza dengan tim Royalindo-nya. Akan tetapi keberhasilan yang paling membuatnya bahagia dan sangat membanggakan adalah event pesta pembukaan dan penutupan PON Papua 2021. Ya, jika kalian ingat meriahnya pesta pembukaan dan penutupan PON Papua 2021, di situ ada tangan dingin pemimpin PT Royalindo ini.

“Segala macamnya di sana (Papua) masih cukup sulit, dari mulai biaya, ketersediaan barang, man power, dan segalanya memang masih terbatas. Untuk event serupa di Jakarta, biaya yang harus dikeluarkan di Papua bisa sampai 3x lipatnya, sekitar 130% lebih mahal,” ujar pria yang aktif membagikan unggahan di akun Instagram @muhrezaabdullah.

Demi totalitas untuk acara nasional tersebut, Royalindo sampai mengirimkan semua barang kebutuhan dan beragam peralatan acara hingga 300 kontainer dari Jakarta ke Papua. Untuk aspek sumber daya manusia sendiri, Reza membawa kurang lebih 400 an orang kru dari Pulau Jawa dan 40 an orang dari luar negeri. Dengan segala seni dan rintangan yang dihadapinya tersebut, hasil yang dicapai benar-benar sangat membanggakan.

4. Ikut Ambil Bagian dalam KTT G20 Bali 2022

Selain event PON Papua 2021, capaian membanggakan lainnya dari Reza dengan PT Royalindo Expoduta adalah ikut ambil bagian dalam KTT G20 Bali 2022. Sejak Desember 2021 lalu, ratusan acara dan side events yang  berkaitan dengan acara puncak KTT G20 ini rutin digelar. Dari ratusan proyek event yang dihelat beragam kementerian dan lembaga negara, M.Reza Abdullah sebagai event organizer profesional turut ambil bagian di dalamnya.

Hampir merata, setiap kementerian negara selalu mempunyai rangkaian acaranya sendiri-sendiri yang berkaitan dengan tuan rumah G20. Setiap event sendiri berlangsung rata-rata 3 sampai 4 hari. Oleh karena itu, ada banyak EO (event organizer) profesional yang dipercaya meng-handle acara-acara tersebut, salah satunya Royalindo.

5. Ikut Mendirikan Start-Up Belajar Bahasa dan Agama

Ternyata bisnis yang digeluti oleh M.Reza Abdullah tak melulu hanya berkaitan di bidang event organizer saja. Bersama sang adik dan sahabat lainnya, pria yang sudah dikaruniai 2 orang ini juga mendirikan usaha start-up. Start-up yang digarapnya ini bergerak dalam bidang aplikasi belajar bahasa asing serta belajar agama Islam yang mudah dan praktis.

Buat yang mau belajar Bahasa Inggris, ada aplikasi bernama Bahaso dengan motto “The Easy and Fun Way to Learn Languages”. Bisa diunduh di AppStore dan PlayStore, pembelajarannya lengkap dari mulai reading, speaking and conversation (Bahaso Talk), hingga listening section. Metode pembelajarannya juga berkerja sama langsung dengan tim FIB (Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya) UI.

Sedangkan untuk yang ingin belajar ilmu Agama Islam, bisa mengunduh aplikasi bernama Aminin. Fiturnya juga lengkap mulai adzan pengingat waktu sholat, belajar tajwid bacaan Al-Quran, pilihan doa mustajab, hingga ruang diskusi agama. Para ahli agama yang mengelolanya juga terpercaya karena berasal dari Jam’iyyatul Qurra wal Huffazh Nahdlatul Ulama (JQH NU).

6. Hobi Menyelam (Diving) dan Punya Dive Center di Lombok

Tidak melulu hidup M.Reza Abdullah dihiasi oleh kesibukan bisnis saja, tapi juga diselingi dengan hobi yang menantang. Hobinya tersebut adalah diving di lautan, bahkan sudah mengantongi  sertifikat PADI Master Scuba Diver. Hanya kurang dari 2% penyelam saja lho yang pernah mencapai peringkat ini, sehingga membuatnya menjadi kelompok yang elit di kalangan penyelam.

Dengan sertifikat bergengsi tersebut, Reza sudah berpengalaman menyelam di berbagai medan lautan. Dari mulai menyelam menyusuri indahnya terumbu karang di lautan Indonesia, hingga menyelam di lautan wilayah negara lain. Bersama rekan-rekannya, Reza juga  mendirikan sebuah dive center dan resort di kawasan Laguna Gili Beach, Gili Trawangan Lombok.

7. Menjadi Konsul Kehormatan Republik Pantai Gading

Fakta terakhir, ternyata pengusaha muda ini juga dipercaya oleh negara Pantai Gading untuk menjadi Konsul Kehormatan di Indonesia. Sekedar informasi, Republik Pantai Gading atau nama resminya Republic of Côte d’Ivoire, belum memiliki perwakilan kedutaan besarnya di Indonesia. Oleh karenanya, negara yang belum memiliki kedutaan besar akan mempercayakan hubungan diplomasinya kepada para konsul kehormatan.

Dan sejak tahun 2012, M.Reza Abdullah sudah menjadi pilihan Presiden Pantai Gading untuk mewakili negara Afrika Barat tersebut di Indonesia. Tugas seorang Konsul Kehormatan juga mirip seorang Duta Besar, yakni menjembatani hubungan diplomatik antara Republik Pantai Gading dengan Republik Indonesia. Dari mulai hubungan diplomatik, jembatan ekonomi dan bisnis antar dua negara, serta pengurusan visa hingga jika ada warga negara Pantai Gading yang bermasalah di Indonesia pun menjadi tugasnya.

About the Author: admin